Jumat, 26 Juni 2015

Pakaian Dinas Harian Pramuka

Bagi pihak pihak tertentu, penggunaan pakaian dinasharian Pramuka di hari khusus menjadi kewajiban tersendiri. Pihak yang dimaksud diantaranya adalah guru dan karyawan dinas pemerintahan. Baju pramuka tersebut wajib dikenakan sebagai bukti kepedulian terhadap kegiatan kepramukaan yang dinilai positif dan memiliki tujuan yang mulia.

Satu set baju pramuka terdiri dari baret, kameja bagian atas, celana panjang, kacu, ikat pinggang, dan beberapa aksesoris tambahan seperti badge dan tali. Jika kita melihat orang menggunakan pakaian dengan bagian bagian seperti disebutkan di atas, maka kita sudah pasti tahu pakaian apa yang dikenakannya tersebut, yaitu pakaian dinas harian pramuka.

Pihak sekolah atau dinas pemerintahan yang mendapatkan instruksi tersebut bisa memenuhi kebutuhan pakaian yang dimaksud dengan menjahit secara langsung. Untuk perorangan mungkin tidak begitu menjadi soal, karena kita tinggal pilih tukang jahit yang mahir dan berpengalaman di sekitar wilayah kita. Namun, kasus lain terjadi jika tingkat kebutuhannya cukup banyak atau partai besar. Sebagai jawaban kebutuhan yang seperti itu, adalah dengan mencari referensi perusahaan jahit dan memilih salah satu yang berkualitas diantaranya.




Pakaian dinas harian Pramuka yang baik harus mencakup beberapa hal sebagai berikut :

1. Kain yang digunakan
Mengingat pakaian pramuka cukup tertutup, ditambah kacu yang membelit di leher kadang membuat penggunanya kegerahan dan tidak nyaman. Karena itu, pakaian pramuka yang baik adalah yang terbuat dari bahan yang tidak panas saat dikenakan, juga mudah menyerap keringat dan tidak mudah kusut.

2. Warna yang sesuai
Pramuka identik dengan warna coklat, namun tidak semua coklat tepat menjadi warna asli dari identitas pramuka. Pilihlah kain yang memiliki warna yang memang sesuai agar pakaian pramuka yang dihasilkan memang sesuai standar.


Jika pakaian dinas harian pramuka yang dikenakan telah memenuhi kedua syarat di atas, maka kewajiban untuk menggunakannya akan terasa ringan dan menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar